SELAMAT DATANG DI BLOGGER "SYAINULLAH WAHANA" SEMOGA BERMANFAAT ---(TERIMA KASIH)---

Kamis, 11 April 2019

KKN PROFESI STIP YAPI BONE TAHUN 2019

Periode 2018-2019


Mengarus Utamakan Praktik Cerdas Program KKN - Profesi STIP YAPI Bone 


Kata Pengantar

Perkembangan dan kemajuan suatu bangsa tidak terlepas dari peranan anak bangsa, berjiwa muda dari berbagai komponen pada berbagai lapisan sosial yang ada. Instansi Perguruan Tinggi (PT) seperti STIP YAPI Bone sebagai salah satu pelaksana pendidikan kemudian menjadi instrumen utama dalam menghasilkan kualitas sumberdaya anak bangsa yang kreatif dan inovatif

Pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk pengaplikasian ilmu teoritis secara langsung di lapangan, selanjutnya direalisasikan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN).

KKN merupakan pengalaman ilmu yang menuntut mahasiswa kita kepada pola pikir interdisiplin dan sekaligus pengintegrasian antara kegiatan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat.

Mahasiswa KKN dihadapkan secara langsung kepada masyarakat yang memungkinkan berlangsungnya sifat saling belajar dilandasi oleh kenyataan. Sehingga pelaksanaan KKN - Profesi STIP YAPI Bone Tahun 2019, ini selain menjadi salah satu persyaratan akademik, juga menjadi salah satu bentuk nyata pengaplikasian ilmu pengetahuan secara langsung ke masyarakat, baik pada segmen masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Agar pelaksanaan KKN berjalan dengan baik maka diperlukan pedoman pelaksanaan yang dapat disesuaikan oleh bagi semua pihak dalam setiap tahapan kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, serta pelaporan kegiatan KKN. Diharapkan pada KKN ini dimana kualitas dan akuntabilitas publik pelaksanaan KKN semakin meningkat, memberi kontribusi yang optimal terhadap pembangunan bangsa dan Negara.

Terbitnya Buku Pedoman KKN STIP YAPI Bone adalah berkat kerja keras tim penyusun yang didukung oleh kerjasama banyak pihak. Oleh karena itu kepada tim penyusun serta pihak lain yang terlibat dalam penyusunan buku pedoman KKN yang mungkin masih jauh dari sempurna, untuk itu mari kita memperbaiki yang perlu diperbaiki, semoga KKN - Profesi STIP YAPI Bone Tahun 2019 ini bisa menjadi wujud secara nyata pengabdian kepada masyarakat yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Penulis saat ini menjabat sebagai Ketua LPPM STIP YAPI Bone mulai Tahun 2019, sangat berterima kasih atas kerjasama dari seluruh pihak yang berkontribusi secara nyata dalam kegiatan ini. Sekian dan Terima Kasih. Wassalam.
__________________________________________________________________________

Tantangan Berinovasi dalam Kegiatan KKN - Profesi STIP YAPI Bone Tahun 2019

Tantangan pada Era Desentralisasi para Kepala Daerah (Walikota dan Bupati) yaitu bagaimana menggunakan anggaran yang tidak terlalu besar untuk mengurangi kemiskinan dan bagaimana pemerintah menyediakan pelayanan bagi rakyat kebanyakan secara memadai. Pada Era tersebut, Jabatan politik seorang kepala daerah yang dipilih langsung oleh warga juga ditantang mampu merangkul semua pemangku kepentingan daerah. Sehingga dapat dikatakan bahwa tantangan kini bobotnya lebih besar dibanding dengan pada masa lalu ketika pimpinan daerah diangkat pemerintah oleh pemerintah pusat.

Tantangan sesungguhnya adalah dalam Era Globalisasi ini dengan perkembangan teknologi dan informasi dalam Era Industri 4.0, memperlihatkan kemajuan Negara Indonesia dengan berbagai Inovasi yang telah dibangun dan konsep Indonesia sebagai kawasan Agro Maritim memperlihatkan pemerintahan saat ini benar-benar fokus pada teknologi inovasi di bidang pertanian, perikanan, kelautan dan sumberdaya alam Indonesia lainnya.

Tantangan Mahasiswa KKN STIP YAPI Bone bisa menjawab dengan baik kepada masyarakat dan kepada pihak kepala daerah yang telah menjabat saat ini. Pada saat ini, STIP YAPI Bone telah banyak memperlihatkan contoh-contoh kiat sukses dari beberapa program terkait kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dari kegiatan dosen STIP STIP YAPI Bone, begitu juga dari mahasiswa STIP YAPI Bone yang telah banyak mengikuti rangkaian kegiatan dan acara inovasi, kewirausahaan dan lomba-lomba yang terkait dalam bidang kegiatan pertanian, perikanan dan teknologi terbarukan saat ini. Kegiatan meliputi: Budidaya Jamur dan bisnis pemasarannya, ikan asap, pembuatan bakso ikan dan nugget, serta Teknologi reaktor biogas dari mahasiswa STIP YAPI Bone.

Ini adalah sebuah kemajuan pola pikir dan perkembangan mahasiswa STIP YAPI Bone menjadi mahasiswa yang terbaik dan berprestasi dalam segala bidang.Publikasi yang menampilkan detai-detail inovasi yang dilakukan oleh STIP YAPI Bone ini sangat penting dilakukan dalam mencapai keberhasilan selama ini dimana STIP YAPI Bone memiliki keunikan tersendiri dari berbagai Perguruan Tinggi yang telah ada di Kabupaten Bone.

Untuk itu dengan dapat mengkomunikasikan proses dan pencapaian selama ini STIP YAPI Bone tersebut, Semoga bisa membuat inovasi-inovasi terbarukan di masyarakat pada kegiatan KKN - Profesi STIP YAPI Bone Tahun 2019.

KKN - Profesi Tahun 2019 STIP YAPI Bone Mendorong Sinergi Daerah Inovatif Untuk Daerah Bone

 

Era Industri 4.0 dengan tema "Agri Maritim" mampu dimanfaatkan oleh mahasiswa KKN dengan baik. Dimana dapat menjalankan program di daerah KKN dan Mahasiswa KKN mampu menunjukkan prestasi membangun daerah.



Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) STIP YAPI Bone Tahun 2019

 

Syainullah Wahana, S.Pi., M.Si

NIDN: 0903058903

3 komentar:

  1. kunjungi situs web faronesia.com di situs ini yang menyediakan banyak pengetahuan dan tutorial tentang situs web dan internet secara gratis serta mudah dimengerti www.fraonesia.com

    BalasHapus
  2. kunjungi situs web faronesia.com di situs ini yang menyediakan banyak pengetahuan dan tutorial tentang situs web dan internet secara gratis serta mudah dimengerti www.fraonesia.com

    BalasHapus
  3. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus