SELAMAT DATANG DI BLOGGER "SYAINULLAH WAHANA" SEMOGA BERMANFAAT ---(TERIMA KASIH)---

Kamis, 29 November 2018

STIP YAPI BONE DAN MDPI RANGKAIAN BERSIH PANTAI MEMPERINGATI HARI PERIKANAN DUNIA DI PANTAI KELURAHAN TORO, BONE

World Fisheries Day adalah hari yang memperingati perikanan dunia, pada tanggal 21 November 2018, Yayasan MDPI (Masyarakat dan Perikanan Indonesia) sebagai lembaga yang bekerja untuk mendorong perbaikan pengelolaan perikanan berkelanjutan skala kecil Indonesia mengundang STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian dan Perikanan) YAPI Bone dan Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone dalam kegiatan bersih-bersih pantai, pada pesisir pantai kelurahan Toro, Kabupaten Bone. Kegiatan berjalan lancar hari ini dengan menghimpun kerjasama antar pihak yaitu antara lain pemerintah setempat dan masyarakat pesisir yang bermukim dikawasan tersebut. Ada pula rangkaian acara untuk anak-anak yang berusia 11 - 17 tahun, mereka juga berpartisipasi mengumpulkan sampah plastik yang berasal dari pesisir pantai dan ikut dalam lomba dayung perahu (sampan).

Kegiatan pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 25-28 November 2018, adapun lokasi lomba dayung perahu diadakan pada hari kamis, 29 November 2018 di pesisir pantai lingkungan Tippulue (sekitar halaman masjid) daerah pesisir pantai bersama dengan rangkaian kegiatan bersih-bersih pantai.



Pihak dari STIP YAPI Bone yang telah sebelumnya diundang oleh MDPI dalam acara tersebut, berharap kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan, agar sampah-sampah pesisir berkurang dan tidak jauh terbawah arus ke laut lepas pantai yang dapat mengakibatkan sampah-sampah tersebut mengotori lautan, sehingga memungkinkan dapat merusak ekosistem perairan laut, informasi terbaru telah ditemukan banyaknya sampah plastik di dalam isi perut paus yang mati dan terdampar di perairan pantai wakatobi. Semoga dengan kegiatan-kegiatan seperti ini tidak ada lagi berita kematian paus atau hewan lainnya diperairan akibat sampah.




Kegiatan ini sangat meng-edukasi masyarakat dan anak-anak sekolah sebagai generasi penerus bangsa yang tinggal disekitar lingkungan pantai, belajar agar tidak mengotori pantai mereka dengan cara membuang sampah ditempat yang telah disediakan dan tidak membuang sampah disembarang tempat. Mahasiswa STIP YAPI Bone terlibat sebagai generasi milenial dimana selalu berada pada garis depan dalam menyongsong keberlanjutan sumberdaya alam perairan, melindungi ekosistem perairan untuk generasi penerus. Serta berpikir panjang, pemahaman kritis mengenai pengelolaan sumberdaya secara bijaksana sehingga menghasilkan inovasi-inovasi dalam menunjang kelestarian alam yang memberikan nilai estetika terbaik di masa yang akan datang. 




Semoga kegiatan ini berkelanjutan karena bersifat sangat baik dan positif untuk sebagai contoh dalam mengajak masyarakat menjaga pantai, melestarikan budaya bersih dalam menjaga ekosistem perairan laut kita yang kini makin kritis akibat sampah.

1 komentar:

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus