SELAMAT DATANG DI BLOGGER "SYAINULLAH WAHANA" SEMOGA BERMANFAAT ---(TERIMA KASIH)---

Minggu, 01 September 2013

RENSTRA Pesisir dan Laut

RENSTRA (Rencana Strategi) Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut
Oleh : Syainullah Wahana S.Pi


          Persoalan yang di hadapi masyarakat pesisir tak pernah kunjung reda dan tak ada habi-habisnya melanda dan melilit kehidupannya.  Mengapa, karena sebagain banyak mereka belum juga bisa beranjak untuk dapat merasakan, menikmati, dan meningkatkan kesejahteraannya melalui optimalisasi sumberdaya pesisir dan laut disekitarnya, bahkan banyaknya masalah yang telah mereka hadapi yaitu seperti meningkatnya degradasi habitat pesisir yang selama ini kita kenal (mangrove, padang lamun, terumbu karang, daerah estuaria, dan habitat pesisir lainnya). kerusakan habitat pesisir itu sebagian besar di akibatkan oleh aktifitas manusia di daratan yang sembraut di tambah lagi aktifitas manusia di pesisir dan laut yang sembrono tanpa berpikir dahulu untuk melakukannya (Penangkapan ikan dengan BOM, BIUS, Alat tangkap yang tidak ramah lingkungan) dan kadang masyarakat pesisir membuang kotorannya (sampah limbah organik dan non organik) itu ke pesisir dan laut kita bersama.

          Hilangnya atau rusaknya habitat pesisir kita tentunya memberikan suatu konsekwensi dimana habis dan punahnya berbagai organisme pesisir dan laut. Kenyataan ini tidak lepas dari kewajiban pemerintah untuk bisa bagaimana lebih berkonsentrasi lagi melihat masalah yang konkrit ini menjadi sebuah pembahuruan kinerja yang nyata dan transparan untuk memperbaiki ekosistem dan masyarakatnya untuk bisa memahami dan lebih mencinta Alam dengan melestarikannya bukan kegiatan masyarakat pesisir yang merusak lagi, sebab ini adalah kewajiban kita semua sebagai khalifah di muka bumi ini (Para pemimpin, calon Pemimpin masa depan, Pemerintah, swasta, masyarakat, stakholder, ummat yang beragama, masyarakat Global dll). 

      Dengan melihat kenyataan ini serta potensi yang begitu besar di Negara kita yang masih kurang perhatian dan Pengelolaan secara menyeluruh, maka sudah seyogyanya mulai saat ini kedepan atau masa yang akan datang (baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang) sangat dibutuhkan akan reorientasi kebijakan dalam Pengelolaan pemanfaatan Sumberdaya pesisir dan laut di daerah Indonesia yang sangat luas ini. Sehingga perlu dan sangat penting kita membuat sebuah RESTRA (Rencana Strategi) yaitu yang merupakan salah satu tahapan kebijakan dalam melaksanakan suatu Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut di daerah kita yang benar-benar terarah sebagai acuan dalam Pemberdayaan dan Pengelolaan wilayah yang terkandung banyak kekayaan di dalamnya. Keberadaan RENSTRA ini tidak hanya menjadi panduan satu arah bagi sektor dan daerah (Kota atau Kabupaten dll) tertentu tetapi akan menjadi panduan yang terpadu dari segala komponen yang berkepentingan dan bersentuhan langsung dalam Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumberdaya wilayah pesisir dan laut demi kemaslahatan generasi dan yang akan datang