SELAMAT DATANG DI BLOGGER "SYAINULLAH WAHANA" SEMOGA BERMANFAAT ---(TERIMA KASIH)---

Sabtu, 07 September 2013

SUMBER DAYA DAN NELAYANNYA

SUMBER DAYA TERUMBU KARANG DAN NELAYAN
Oleh : Syainullah Wahana S.Pi

      Nelayan adalah masyarakat yang beraktifitas atau pekerjaannya sering menangkap ikan, biasanya mereka tinggal atau bermukim di sekitar wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Banyak yang sering mengatakan juga bahwa masyarakatnya rata-rata miskin tetapi kenyataannya juga tidak seperti itu. Sedangkan informasi lain yang mengkhawatirkan nelayan yaitu masyarakat yang tinggal di sekitar pantai saat ini di buat semakin miskin oleh kegiatan penangkapan ikan besar-besaran secara ilegal. Selain itu, di negeri ini juga sedang terjadi perusakan terumbu karang dan pelenyapan hutan rawa yang dengan cepat.

        Berbagai studi ilmiah sering menjelaskan bahwa kerusakan terumbu karang yaitu akibat penangkapan ikan dengan bom (penggunaan ilegal bahan peledak untuk menangkap ikan), penggunaan racun asam, penambangan karang dan polusi, dan pemutihan karang yang disinyalir sebagai akibat meningkatnya suhu air laut dan gejala alam lainnya seperti gempa bumi turut berperan dalam proses perusakan terumbu karang.


       Faktor yang lain yang mendorong terjadinya kerusakan adalah pemintaan pasaran internasional untuk kebutuhan akurium. Hal ini mendorong meningkatnya eksploitasi batuan karang yang tidak berkelanjutan. Berdasarkan laporan World Conservation Monitoring Center, Indonesia menjadi pemasok 41 % batuan karang ke pasaran dunia. Sementara itu, Amerika Serikat menjadi pengimpor setengah dari seluruh produk terumbu karang dunia.